Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA ( MUSRENBANGDES) PENYUSUNAN RKPDES TAHUN 2022 DESA JAPELEDOK

Sumiati | 01 Desember 2020 12:48:02 | 360 Kali

Dalam rangka perencanaan pembangunan desa untuk tahun anggaran 2022, Pemerintah Desa Japeledok melakukan musyawarah Desa yang telah diselenggarakan pada Hari Kamis tanggal 26 November 2020. Adapun acara tersebut dihadiri narasumber dari tingkat Kecamatan. Diantaranya : Bp Kastari ( Sekcam Pancur), Bp Soroto ( Polsek Pancur), Bp Danuri ( Danramil Pancur), Ibu Siti Fatimah ( UPT Puskesmas ), dan Nurul Fitriah ( PD Kec Pancur ).

Acara tersebut dipimpin oleh Bp Afandi ( BPD ), dengan susunan acara sebagai berikut :

1. Pembukaan ( acara dibuka dengan bacaan Basmallah)

2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

3. Do"a

4. Sambutan-sambutan :

a. Kepala Desa ( Bapak Tasripin )

Menurut Kepala Desa Japeledok ( Bp Tasripin ), Bahwa pentingnya musyawarah bersama dalam setiap perencanaan pembangunan Desa. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui usulan-usulan dari masyarakat yang sangat dibutuhkan pada lingkungan masing-masing. Selain hal tersebut, Beliau juga mengungkapkan bahwa karena adanya dampak  pandemi Covid-19, banyak pengalihan anggaran pembangunan untuk Dana pemulihan Perekonomian Masyarakat ( BLT ).

b. Sekretaris Kecamatan ( Bapak Kastari )

Pada kesempatan ini, Beliau Bapak Kastari menyampaikan bahwa perencanaan ( RKPDes ) harus sesuai dan telah tertuang dalam RPJMDes yang telah ada. Adanya pengalihan berbagai anggaran dikarenakan adanya pandemi sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Usulan-usulan perencanaan yang belum bisa didanai desa maka bisa diusulkan ke tingkat Kabupaten ataupun Provinsi/ Pusat. Selain itu hal terpenting, adalah bidang pemberdayaan yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat misal dengan pengadaan pelatihan yang sesuai dengan kondisi desa masing-masing. Kemudian adanya program Padat Karya Tunai dimana masyarakat baik laki-laki bisa menjadi pekerja di Desa. 

c. Polsek Pancur ( Bapak Soroto )

Kesempatan ini, menurut beliau dimasa pandemi saat ini hal terpenting adalah tetap menjaga kesehatan. Sesuai kondisi pandemi, Program 4 M jangan sampai dilupakan. Untuk itu, sanksi tegas bagi pelanggar dijalankan. Misal : difoto  ataupun menyanyikan lagu.

d. Danramil Pancur ( Bp Danuri)

Menurut Beliau kesempatan ini merupakan momen penting untuk mengusulkan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. Selain hal tersebut keamanan dan kenyamanan dalam menghadapi pilkada 2020 yang tinggal menghitung hari. 

e. UPT Puskesmas Pancur ( Ibu Fatimah)

Beberapa kegiatan di bidang kesehatan sudah didanai dari Dana Desa. Selanjutnya beliau juga menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dalam masa pandemi. Informasi terpenting adalah terkait adanya vaksinasi dalam menghadapi Covid-19 ada beberapa instansi yang menjadi titik utama ( petugas kesehatan dll). Untuk usulan bidang kesehatan masih terkait posyandu,pencegahan stunting, dan sosialisasi bidang kesehatan.

f. Pendamping Desa Kec Pancur ( Ibu Nurul Fitriah)

Musrenbangdes merupakan rangkaian dari program desa untuk penyusunan rencana pembangunan desa. Dalam masa saat ini prioritas utama Dana Desa adalah pemulihan perekonomian masyarakat, yaitu dengan program Padat Karya Tunai Desa. Sasaran utama adalah keluarga miskin, setengah pengangguran, pengangguran dan keluarga penyandang disabilitas.Selain itu, Bantuan Langsung Tunai tetap dianggarkan menuju kebijakan terbaru serta adanya penambahan modal bagi BUMDes.

5. Penggalian usulan 

a. Guru TK

- Mebelair, APE, dan Laptop TK

b. KPM

-Gedung PAUD  dan Tempat sampah bagi setiap KK

c. RT

-Bendungan, Talud cor jalan poros desa, hotmix jalan poros desa, Tebing jalan perbatasan desa, Drainase kanan-kiri bapak samani, PAL listrik, Drainase RT 02 dan RT 05, 

d. Karang Taruna

-pengadaan lapangan bola volly

e. Madin

- Penambahan lokal gedung dan penerangan jalan menuju makam.

6. Kesimpulan dan Penutup

- Kesimpulan : Menyepakati RKPDesa tahun 2021, Menyepakati usulan RKPdesa tahun 2022, dan       Delegasi peserta musrenbangcam.

-Penutup : Acara ditutup dengan bacaan Hamdalah bersama-sama. 

 

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Kategori

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung